Cara Meredakan Batuk Secara Alami dan Efektif

Batuk merupakan salah satu penyakit gangguan saluran pernapasan yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Ketika mengalami batuk, tenggorokan akan terasa gatal, kering, dan panas. Hal ini tentu saja sangat mengganggu apalagi jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki aktivitas banyak. Namun, tak perlu khawatir karena banyak bahan-bahan alami yang dipercaya dapat meredakan batuk. Berikut ini adalah cara meredakan batuk secara alami dan sangat dianjurkan karena tidak berbahaya serta tidak mengandung bahan kimia:

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Meminum banyak air putih lebih dari biasanya ketika Anda sedang batuk merupakan salah satu cara meredakan batuk secara alami. Ketika mengalami batuk, tubuh akan terasa cepat lelah dan lunglai. Hal ini terjadi disebabkan imunitas tubuh sedang menurun, sehingga tubuh pun akan merasakan dampaknya. Selain itu, ketika batuk Anda juga akan merasa dehidrasi atau kekurangan cairan, apalagi dengan kondisi tenggorokan yang terasa kering dan panas. Pada keadaan inilah air putih memiliki peran yang sangat penting untuk membantu meredakan batuk.

  1. Minum Air Jahe

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi atau biasa yang dikenal dengan anti-radang yang bernama Gingerol. Senyawa ini sangat berguna untuk penderita batuk karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kemudian, jahe juga mengandung antioksidan yang dipercaya dapat membersihkan racun atau toksin pada saluran pernapasan, sehingga lendir-lendir yang terdapat di tenggorokan bisa disingkirkan. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya harus merendam potongan jahe ke dalam air putih hangat, setelah itu Anda dapat langsung meminumnya. Sehabis meminum air jahe, tenggorokan Anda akan terasa lebih nyaman dan gatal pun terasa berkurang.

  1. Campuran Jeruk Nipis dan Kecap

Senyawa yang terkandung pada jeruk nipis dipercaya dapat membantu membunuh kuman-kuman dalam penyakit batuk. Cara meredakan batuk yang satu ini tergolong kuno, namun masih sangat bermanfaat sampai sekarang. Cara membuatnya tidak sulit, Anda cukup mencampurkan perasan jeruk nipis dan kecap, kemudian minum sebanyak 1 sendok makan. Anda dapat meminumnya dalam sehari 2-3 kali atau ketika tenggorokan Anda mulai terasa gatal. Cara ini sangat mudah dan bahan-bahannya pun dapat ditemui di sekitar Anda dengan harga terjangkau.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara yang terakhir adalah istirahat yang cukup. Berbagai cara yang dilakukan dinilai tidak akan efektif apabila tidak disertai dengan istirahat yang cukup. Jadi, istirahat yang cukup merupakan salah satu cara membantu meredakan batuk yang  cukup penting.

Baca Juga :

Keempat cara diatas hanyalah segelintir dari banyaknya cara meredakan batuk yang dirasa efektif dan efisien. Bahan dan cara pembuatannya pun sangat sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah sekaligus dengan harga yang terjangkau.